Dunia Per-Excel-An
Belajar Microsoft Excel
Hello Sobat,
Kali ini saya ingin membahas mengenai Microsoft Excel. Dalam perkembangan zaman yang semakin maju sobat harus tau yang namanya program Microdoft Excel. Sebelumnya, Apakah Microsoft Excel itu?
Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang
merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk
mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom
untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi software
pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah
didistribusikan secara multi-platform. Microsoft Excel tidak hanya
tersedia dalam platform Windows, Microsoft Excel juga tersedia di MacOS,
Android dan Apple.
Lalu kenapa harus tau? Pertama, kemampuan dalam mengoprasikan Microsoft Excel harus kamu kuasai karena dalam dunia pekerjaan beberapa perusahaan mencari pekerja yang memiliki kemampuan tersebut. Seorang HRD perusahaan akan mencari kualitas pekerja melalui skill-skill yang dia miliki. Apabila menguasai Microsoft Excel sudah pasti kalian akan menjadi prioritas diantara mereka yang tidak memiliki skill ini. Perlu diketahui juga, disamping menguasai rumus-rumus yang ada di excel, kalian juga harus jago dalam typing speed. Artinya kamu sebagai pekerja akan di pandang memiliki kemampuan yang cepat dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan.
Baiknya kalian harus dan wajib menguasai 7 (delapan) rumus microsoft office. Jika sobat telah menguasai delapan rumus ini dipastikan dengan mudah mencari pekerjaan di dunia per Adminan. Sebagai bahan latian kalian aku juga lampirkan contoh cara mengerjakan Excel
1. SUM
Rumus
SUM ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari penjumlahan atau
menjumlahkan.
=SUM(number1, number2, dan seterusnya).
2. VLOOKUP
Fungsi
VLOOKUP ialah menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format
tegak atau vertikal. syaratnya penyusunan tabel data pada baris pertama harus
berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4… atau huruf
A-Z. Jika anda sebelumnya mengetik secara acak silhakan urutkan dengan menu
Ascending.
3. HLOOKUP
Fungsi
HLOOKUP Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar.
syaratnya penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus berdasarkan urutan
dari kecil ke besar /menaik.
4. AVERAGE
Rumus
AVERAGE ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari nilai rata – rata
suatu variabel.
=AVERAGE(number 1, number 2, dan seterusnya).
Number
1, 2, dan seterusnya ini merupakan kumpulan data yang nantinya akan
dicari nilai rata-ratanya. Contoh : Ketika anda mengisi nilai rata-rata
dari kolom B2 hingga B6, maka anda bisa menggunakan rumus
=AVERAGE(B2:b6) dan akhiri dengan tombol Enter, maka anda akan
mendapatkan hasilnya
5. IF
Pada Excel terdapat suatu rumus
yaitu Logika IF, dimana rumus tersebut akan digunakan jika data yang
akan dimasukkan memiliki suatu kondisi tertentu. Seperti misalnya pada
data A1=1, akan didapatkan hasil 2, bila itu tidak didapatkan hasil yang
demikian, maka nilainya adalah 0. Untuk fungsi ini biasa akan dibantu
oleh pembanding seperti lambang fungsi =(sama dengan), <(lebih
kecil). >(lebih besar), <=(lebih kecil sama dengan), >=(lebih
besar sama dengan), <>(tidak sama dengan). Sedangkan untuk
penulisannya yaitu,
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false).
6. MAX
Rumus MAX pada ms. Excel digunakan untuk mencari nilai paling tinggi dari suatu kumpulan data
=MAX(number1, number 2, dan seterusnya)
7. MIN
Selain rumus MAX, di dalam program Excel ini juga memiliki rumus MIN yang fungsinya adalah kebalikan dari rumus MAX. Jika MAX untuk mencari nilai tertinggi, makan rumus MIN untuk mencari nilai terendah di dalam sekumpulan data numerik pada sheet Excel. Penulisannya yaitu
=MIN(number1, number2, …)
Nah ringkasnya gini beberapa fungsi-fungsi rumus-rumus excel, namun yang wajib sobat ketahui adalah rumus-rumus yang ada di atas.
RUMUS
EXCEL UNTUK DUNIA KERJA
|
|
RUMUS
|
KETERANGAN
|
SUM
|
Menjumlahkan
|
AVERAGE
|
Mencari Nilai Rata-Rata
|
AND
|
Mencari Nilai dengan Perbandingan
Dan
|
NOT
|
Mencari Nilai Dengan Pengecualian
|
OR
|
Mencari Nilai dengan Perbandingan
Atau
|
SINGLE IF
|
Mencari Nilai Jika Kondisi
BENAR/SALAH
|
MULTI IF
|
Mencari Nilai Jika Kondisi
BENAR/SALAH Dengan Banyak Perbandingan
|
AREAS
|
Menampilkan Jumlah Area (range
atau sel)
|
CHOOSE
|
Menampilkan Hasil Pilihan
Berdasarkan Nomor Indeks
|
HLOOKUP
|
Mencari Data dari sebuah tabel
yang disusun dalam format mendatar
|
VLOOKUP
|
Mencari Data dari sebuah tabel
yang disusun dalam format tegak
|
MATCH
|
Menampilkan posisi suatu alamat
sel yang di tetapkan
|
COUNTIF
|
Menghitung Jumlah Cell dalam Suatu
Range dengan kriteria tertentu
|
COUNTA
|
Menghitung Jumlah Cell Yang Terisi
|
DAY
|
Mencari Nilai Hari
|
MONTH
|
Mencari Nilai Bulan
|
YEAR
|
Mencari Nilai Tahun
|
DATE
|
Mendapatkan Nilai Tanggal
|
LOWER
|
Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf
Kecil
|
UPPER
|
Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf
Besar
|
PROPER
|
Merubah Karakter Awal Teks Menjadi
Huruf Besar
|
Comments
Post a Comment